Layanan Informasi Berkala


KAI Dapatkan Konsesi 50 Tahun untuk LRT Jabodebek
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 14:42:40

Selasa (19/12) Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian, bersama Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto melakukan penandatanganan perjanjian penyelenggaraan prasarana Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek).

Selengkapnya »


Agenda Pelaksanaan Tugas PT KAI Tahun 2017
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 21:40:24

Disektor angkutan penumpang tahun 2018, PT KAI akan melakukan beberapa agenda kerja, antara lain :



Selengkapnya »


Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2017 (Berdasarkan RJPP tahun 2015-2019)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 14:02:01

Kinerja perusahaan dalam lima tahun kedepan diproyeksikan akan terus tumbuh dengan adanya pengembangan beberapa proyek baik pada segmen angkutan barang, angkutan penumpang, maupun optimalisasi aset.

Selengkapnya »


Program Kegiatan yang sedang Dijalankan KAI tahun 2017
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 15:37:33

Tahun-tahun ini menjadi masa yang sibuk bagi sektor angkutan nasional. Pemerintah tengah fokus mengembangkan sistem transportasi yang diharapkan dapat berkontribusi besar untuk mendukung hajat hidup masyarakat yang berimbas pada peningkatan pembangunan bangsa. Transportasi berbasis rel menjadi salah satu yang paling digenjot dalam percepatan pembangunan nasional. Hal ini karena transportasi berbasis rel dinilai memiliki keunggulan tersendiri dibanding moda angkutan massal lainnya. Selain dapat mengangkut muatan dalam kapasitas besar, operasionalnya yang memiliki sistem khusus dan bergerak di jalur sendiri memberikan kemudahan karena waktu perjalanannya yang lebih terprediksi.



Selengkapnya »


Whistleblowing System & Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang Pejabat
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 04:58:19

Sebagai wujud komitmen dalam implementasi Good Corporate Governance (GCG), PT KAI (Persero) menerapkan Whistleblowing System dalam rangka memberikan kesempatan kepada seluruh Insan PT KAI (Persero) dan stakeholders lainnya untuk dapat menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran yang dilakukan insan PT KAI(Persero), terhadap prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik, serta nilai-nilai etika yang berlaku, berdasarkan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan serta dengan niat baik untuk kepentingan perusahaan.

Selengkapnya »


Profil Singkat Pejabat Struktural Tiga Level ke Bawah
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 14:18:42

Dalam menghadapi kompetisi di industri transportasi darat yang semakin ketat dan perkembangan teknologi dalam pengelolaan perusahaan yang berorientasi pelanggan, perusahaan membutuhkan SDM yang profesional, berintegritas tinggi, dan berkinerja unggul untuk mendukung terwujudnya 4 pilar utama pengusahaan perkeretaapian, yaitu: keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan, dan kenyamanan.

Selengkapnya »


Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 00:01:30

Sesuai Instruksi Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor INS-02/MBU/2007 tanggal 21 September 2007 tentang Penyelenggara Negara Yang Wajib Menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, maka ditetapkan kebijakan melalui Keputusan Direksi PT KAI (Persero) Nomor KEP.U/KP.402/V/1/KA-2016 tanggal 9 Mei 2016 tentang Tata Cara Pelaporan, Pengumuman dan Pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara. Koordinator pengelolaan LHKPN di lingkungan PT KAI (Persero) dilaksanakan oleh Vice President Quality Assurance and Good Corporate Governance dan Corporate Deputy Director of Personnel Care and Control sebagai pengelola data wajib lapor.

Selengkapnya »


Register Permohonan Informasi Tahun 2017
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 13:50:47

Selama tahun 2017, PPID PT KAI telah melayani 161 pemohon informasi. Jumlah ini meningkat 215% dibandingkan tahun 2016 yang berjumlah 51 orang. Informasi yang paling banyak ditanyakan adalah jumlah atau volume penumpang kereta api dengan range atau jarak waktu bervariasi, sejarah mengenai prasarana heritage yang dimiliki PT KAI, arsitektur bangunan stasiun, serta informasi mengenai sumber daya manusia (SDM).



Selengkapnya »


Pedoman Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan, Survey, Observasi, Penyebaran Kuisoner dan Penelitian di Lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 11:20:19

Setiap Pelajar / Mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja lapangan/ Survey/ Observasi / Penyebaran Kuisoner/ Penelitian di lingkungan PT KAI harus mengirimkan Surat Permohonan ke Training and education Ir. H. Djuanda, untuk kemudian diberikan Surat Pengantar.

Selengkapnya »


Good Corporate Governance (GCG)
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 20:41:36

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkeretaapian di Indonesia. PT KAI (Persero) sebagai perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh negara secara konsisten menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab kemandirian, dan profesionalisme dalam mengelola menjalankan bisnisnya dengan tetap berpedoman pada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Selengkapnya »


Pengadaan Barang Dan Jasa
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 12:15:03

PT KAI telah melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa dengan memperhatikan aspek transparasi yaitu menyebarluaskan informasi proses pengadaan melalui publikasi pada website Perusahaan. Selama tahun 2015, Perusahaan telah mencatat jumlah pengadaan barang dan jasa sebanyak 170 paket, atau mengalami peningkatan 18,88 % dibandingkan tahun 2014 sebanyak 143 paket. Peningkatan tersebut didukung oleh peningkatan aktivitas dan pengembangan operasional Perusahaan.

Selengkapnya »


Program Kegiatan yang Sedang Dilakukan KAI 2017
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 00:21:42

PT KAI mendapatkan beberapa penugasan dari pemerintah untuk membangun berbagai proyek pengembangan perkeretaapian di Indonesia. Sebagai operator kereta api di Indonesia, PT KAI menjadi penyedia sarana kereta api sekaligus menjadi operator kereta api dalam beberapa proyek tersebut.

Selengkapnya »


Prosedur Standar Pelayanan Minimum Kereta Api
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 17:15:14

Melalui penerapan prinsip ‘customer oriented’, PT KAI senantiasa mengutamakan kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Salah satu acuan PT KAI dalam memberikan standar pelayanan kepada pelanggan yaitu Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor: PM 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Selengkapnya »


Pedoman Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 13:57:58

Sejak Tahun 2012, PT KAI telah mengeluarkan kebijakan–kebijakan terkait K3 dalam bentuk Komitmen Keselamatan, SK dan Instruksi Direksi terkait K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Dalam penerapan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja), PT KAI mewajibkan seluruh pegawai mematuhi kebijakan dan prosedur operasi standar yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja untuk meminimalisasi terjadinya insiden, kecelakaan kerja, kejadian hampir celaka (nearmiss), dan Penyakit Akibat Kerja (PAK).

Selengkapnya »


Kinerja Operasional
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 17:32:17

Kereta api adalah moda transportasi massal yang efektif, untuk jarak jauh dan dekat, serta dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam mempermudah dan mengakomodasi seluruh aktivitas ekonomi dan sosial. Jika dibandingkan dengan moda transportasi lain, kereta api merupakan moda transportasi yang sesuai untuk mengangkut muatan berjumlah besar dalam jarak jauh, membawa sejumlah besar penumpang dalam jarak sedang, dan sebagai sarana angkutan komuter di kota-kota besar. Per satuan kilometer penumpang atau persatuan kilometer ton barang diangkut, moda transportasi kereta api relatif lebih efisien dalam mengkonsumsi energi dibandingkan dengan moda transportasi lain. Moda kereta api memiliki keunggulan sebagai angkutan masal yang hemat energi dan ramah lingkungan sesuai dengan tujuan pertumbunan ekonomi berkelanjutan.

Selengkapnya »


Struktur PPID PT KAI
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 13:53:41

Unit organisasi di bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di lingkungan PT KAI berada di Unit Public Relations. Adapun Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di PT KAI adalah Manager Public Information Care yang secara struktur berada di bawah VP Public Relations. PPID mempunyai tugas pokok dan tanggung jawab atas pengelolaan informasi publik yang mencakup penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan/atau pelayanan informasi terhadap pengguna informasi publik.

Selengkapnya »


Data Aset Sarana & Prasarana
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 12:54:55

Sarana kereta api merupakan alat produkasi untuk menghasilkan jasa angkutan kereta api yang terdiri dari lokomotif, Kereta Rel Listrik (KRL), Kereta Rel Diesel (KRD), kereta penumpang, dan gerbong barang. Sedangkan prasarana kereta api adalah jalur dan stasiun kereta api, termasuk fasilitas yang diperlukan agar sarana kereta api dapat dioperasikan.

Selengkapnya »


Prosedur Keselamatan dan Keamanan Perjalanan KA
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 14:11:13

Keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api adalah faktor penting dalam penyelenggaraan angkutan perkeretaapian. PT KAI selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam setiap pengoperasian kereta api melalui berbagai standar yang telah diterapkan. Hal ini pun mengacu pada berbagai regulasi yang mengatur tentang prosedur keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

Selengkapnya »


Jumlah KA penumpang yang Beroperasi
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 17:32:41

Dalam melayani kebutuhan terhadap angkutan transportasi kereta api, PT KAI menyelenggarakan angkutan transportasi penumpang yang melayani relasi di Pulau Jawa mulai dari Daop 1 Jakarta hingga Daop 9 Jember. Sedangkan di Pulau Sumatera secara parsial melayani di empat divisi regional (divre) yaitu mulai dari Divre 1 Sumut & NAD, Divre 2 Sumbar, Divre 3 Palembang, hingga Divre 4 Tanjung Karang.

Selengkapnya »


Data Volume Angkutan Penumpang
Tanggal Publikasi : 20 September 2018 17:33:00

Sebagai salah satu core business, PT KAI menyelenggarakan angkutan penumpang kelas eksekutif, bisnis, ekonomi, dan KA lokal. Selama tahun 2017 sebesar 77,407 juta penumpang atau 106,63% dari program tahun 2017 sebesar 72,595 juta penumpang

Selengkapnya »


Program dan Realisasi Angkutan Penumpang dan Barang
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 08:10:21

Sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera.

Selengkapnya »


PSO (Public Service Obligation) tahun 2016.
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 12:19:06

Kontrak Kewajiban Pelayanan Umum (Public Service Obligation - PSO) kereta api (KA) kelas ekonomi tahun anggaran 2016 sebesar Rp1,827 triliun ditandatangani di Jakarta, Selasa (22/12/15) oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko dan Direktur Utama PT KAI Edy Sukmoro disaksikan oleh Menhub Ignasius Jonan. Jumlah PSO tahun 2016 sebesar Rp1,827 triliun, meningkat 20 persen dari PSO tahun 2015 sebesar Rp1,524 triliun.

Selengkapnya »


Profil Perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 13:28:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), selanjutnya disebut sebagai KAI atau ‘Perusahaan’ adalah Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia. KAI didirikan sesuai dengan akta tanggal 1 Juni 1999 No. 2 yang dibuat dihadapan Imas Fatimah, S.H., Sp.N., Notaris di Jakarta, dan kemudian diperbaiki kembali sesuai dengan akta tanggal 13 September 1999 No. 14. Akta pendirian tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia melalui Surat Keputusan tanggal 1 Oktober 1999 No. C-17171 HT.01.01.TH.99 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 14 Januari 2000 No. 4 Tambahan No. 240/2000.

Selengkapnya »


Struktur Organisasi PT. Kereta Api Indonesia (Pesero)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 11:35:27

Berikut ini adalah Struktur Organisasi di PT. Kereta Api Indonesia dalam tautan Selengkapnya.



Selengkapnya »


Visi, Misi dan Budaya Perusahaan
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 11:31:39

Visi, Misi dan Budaya Perusahaan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam tautan Selengkapnya.

Selengkapnya »


Tujuan, Sasaran, dan Strategi Perusahaan
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 13:36:56

Maksud dan tujuan perusahaan sesuai dengan Anggaran Dasar PT. Kereta Api Indonesia (Persero) pada tautan Selengkapnya.

Selengkapnya »


Bidang Usaha PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 13:59:50

Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, KAI memiliki kegiatan utama dan kegiatan usaha penunjang. Klik tautan Selengkapnya.

Selengkapnya »


Annual Report PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 12:54:40

Berikut ini adalah Annul Report (Laporan Tahunan) PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang dapat diunduh di tautan Selengkapnya.



Selengkapnya »


Profil Direksi PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 14:17:54

Untuk melihat Profil Direksi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) silakan klik tautan Selengkapnya,

Selengkapnya »


Corporate Social Responsibility
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 10:31:01

Pelaksanaan program CSR KAI mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku baik yang mengatur secara umum maupun khusus mengenai CSR diantaranya pasal 74 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Selengkapnya »


Rekrutmen Pegawai Baru
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 01:31:17

Klik selengkapnya untuk mengetahui Informasi Rekrutmen Pegawai Baru PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Selengkapnya »


Infografis Prosedur Permintaan Informasi Publik
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 13:54:00

Berikut adalah alur tatacara memperoleh Informasi Publik PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Selengkapnya »


Laporan Informasi Keuangan
Tanggal Publikasi : 21 September 2018 13:20:54

Berikut ini adalah Laporan Informasi Keuangan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Selengkapnya »