Whistleblowing System & Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang Pejabat

Tanggal Diperbarui : 14 November 2018 13:51:07


Penerapan WBS telah disahkan berdasarkan Keputusan Direksi PT KAI (Persero) Nomor KEP.U/HK.215/II/2/KA-2014 tentang Pedoman Sistem Pelaporan Pelanggaran (whistleblowing system) di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) tanggal 24 Februari 2014. Pengembangan WBS merupakan salah satu upaya Perusahaan untuk menegakkan etika bisnis, etika kerja, serta upaya pemberantasan KKN. Sistem WBS memungkinkan seluruh Insan PT KAI (Persero) dan para pemangku kepentingan lainnya untuk menyampaikan laporan dugaan tindakan pelanggaran dan kecurangan (fraud) dan bentuk pelanggaran etika lainnya yang terjadi di Perusahaan. Segala bentuk dugaan penyimpangan dapat dilaporkan melalui email: KAI-bersih@kereta-api.co.id .

Dalam penerapan WBS, Perusahaan memiliki kebijakan yang menjamin perlindungan atas identitas dari pelapor dan akan menggunakan berbagai cara untuk menjaga kerahasiaan identitas pelapor. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pelaporan pelanggaran yang terjadi di Perseroan dan menjamin keamanan pelapor maupun keluarganya.

Lingkup Pengaduan yang akan ditindaklanjuti oleh Whistleblowing System adalah tindakan yang meliputi:

  1. Benturan Kepentingan;
  2. Gratifikasi;
  3. Perbuatan curang;
  4. Kerugian Perusahaan;
  5. Penyuapan;
  6. Penyimpangan dari peraturan dan perundangan yang berlaku;
  7. Pemerasan;
  8. Penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan lain di luar Perusahaan.

Dengan melaporkan pelanggaran, Anda telah membantu mengurangi beban Perusahaan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, adil dan jujur dalam bekerja.

 

Pengendalian Gratifikasi

Dewan Komisaris, Direksi, Organ Pendukung Dewan Komisaris, dan seluruh jajaran pegawai PT KAI (Persero) atau Insan PT KAI (Persero) DILARANG untuk memberikan/meminta/menerimapemberian dalam bentuk apapun, baik secara langsung maupun tidak langsung dari seluruh stakeholders.Apabila diduga Insan PT KAI (Persero) memberikan/menerimapemberian kepada/dari stakeholders dengan mengatasnamakan pribadi maupun PT KAI(Persero), dianjurkan melapor kepada kami melalui email: lapor.gratifikasi@kereta-api.co.id .

Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap berbagai upaya penipuan mengatasnamakan PT KAI (Persero). PT KAI TIDAK PERNAH memungut biaya apapun dalam setiap tahapan rekrutmen pegawai dan TIDAK PERNAH BEKERJA SAMA dengan pihak manapun untuk pengurusan akomodasi dan transportasi.

Pengendalian Gratifikasi Perseroan, merupakan penjabaran dari Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) pada Badan Usaha Milik Negara, Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Anggaran Dasar Perseroan, Visi dan Misi Perseroan serta nilai-nilai budaya Perseroan.

Pelaksanaan pengendalian gratifikasi di lingkungan PT KAI (Persero) terus berkembang, sehingga perlu dilakukan penyesuaian. Pada tanggal 27 September 2016 Direksi telah menetapkan Keputusan Direksi PT KAI (Persero) Nomor: KEP.U/KC.202/IX/1/KA-2016 tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi.

Setiap insan PT KAI (Persero) beserta keluarga wajib:

  1. Menolak setiap gratifikasi yang patut diduga berhubungan dengan jabatan dan yang berlawanan dengan kewajiban / tugasnya, dan
  2. Melaporkan setiap gratifikasi yang diterimanya kepada Unit Pengendalian Gratifikasi. (Unit Quality Assurance & Good Corporate Governance)

Sikap yang wajib dilakukan oleh Insan PT KAI (Persero) adalah:

  1. Insan PT KAI (Persero) beserta keluargawajib menolak semua bentuk gratifikasi sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, kecuali pada saat itu insan PT KAI (Persero) tidak memungkinkan untuk menolaknya.
  2. Seluruh Insan PT KAI(Persero) wajib melaporkan praktik gratifikasi yang berupa penolakan atau penerimaan Gratifikasi yang dialami pribadi dan/atau Keluarga Insan PT KAI (Persero) melalui e-office.kereta-api.co.id paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak terjadinya Praktik Gratifikasi tersebut.
  3. Bagi Insan PT KAI (Persero) yang tidak memiliki akses e-office dapat melakukan pelaporan melalui e-mail: lapor.gratifikasi@kereta-api.co.id